Kamis, 19 Desember 2013

LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PROGRAM TIRAI DAUN WARU


            Pelaksanaan kegiatan usaha dilakukan di toko aksesoris dengan cara menitipkan produk yang telah kita buat selama 3 bulan. Kegiatan diadakan setiap hari dimulai dari persiapan bahan dan peralatan, pencarian bahan baku, pengolahan bahan, pengujian, pemasaran, dll sehingga dihasilkan produk yang maksimal.
Dalam pemilihan bahan baku harus sangat diperhatikan agar kualitas produk dapat maksimal dan berkualitas. Untuk itu perlu dilakukan seleksi terhadap daun waru yang akan digunakan dalam pembuatan tirai. Daun waru yang digunakan adalah daun yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua.


 Langkah-langkah pelaksanaan program sebagai berikut :
a.    Persiapan bahan baku
Yakni tahap kegiatan yang dimulai dari pencarian bahan baku daun waru yang berukuran sedang serta segar. Selanjutnya daun waru yang telah didapat dipilah untuk menghilangkan bahan baku yang dianggap kurang baik untuk diolah, misalnya terdapat cacat, kering dan sebagainya. Persiapan untuk bahan baku ini dilakukan selama 2 hari.
b.   Pengolahan
              Tahap ini merupakan  kegiatan mulai dari pengeringan daun waru agar warna daun waru yang semula berwarna hijau menjadi hijau kecoklatan dan menjadi sedikit kaku.
c.    Pembuatan Tirai Daun Waru
              Merupakan rangkaian proses pelaminatingan daun waru yang telah diolah. Setelah itu tahap selanjutnya yaitu perangkaian daun waru yang telah dilaminating agar menjadi tirai dengan menyusun daun waru sesuai dengan pola yang telah direncanakan sejak awal, dengan menambahkan bahan tambahan dalam perangkaian tirai.
d.   Paket Teknologi Produk dan Pengemasan
              Dilakukan untuk mengetahui tentang teknologi produk yang dihasilkan, perkiraan daya simpan produk yang dihasilkan dan teknologi pengemasan yang sesuai dengan produk guna mempertahankan mutu dan kualitas produk. Teori yang diberikan berkaitan dengan sifat fisik dan karakteristik bahan, pengetahuan tentang pengemasan dan labeling produk.
e.    Promosi dan Pemasaran

              Setelah keempat paket kegiatan diatas selesai dilaksanakan maka akan dilakukan promosi dan pemasaran yang akan dilakukan dengan beberapa cara yaitu langsung dijual kepada konsumen dan toko-toko yang banyak dikenal masyarakat atau toko aksesoris dalam pendistribusian langsung ke masyarakat yang menjadi sasaran penjualan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar